Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 25 November 2009

Reaksi Endoterm dan Eksoterm

1. Reaksi Eksoterm

1. Reaksi yang membebaskan kalor
2. Suhu sistem > suhu lingkungan
3. Kalor berpindah dari sistem ke lingkungan
4. Disertai kenaikan suhu.
5. Penulisan persamaan reaksinya sbb :
Reaksi A + B ----> C dibebaskan kalor 10 kj
Persamaan Reaksi :
A + B ----->C + 10 kj
r = p + 10 kj
r > p

ΔH = Hp - Hr
kecil - besar
ΔH = -

Diagram tingkat energi pada reaksi :
A + B ----> C

2. Reaksi Endoterm

1. Reaksi yang memerlukan kalor
2. Suhu sistem C
A + B ---->C - 25 kj
C diserap kalor 25 kj

r = p - 25 kj
r < h =" Hp">il ΔH = +




4 komentar:

Anonim mengatakan...

SEKEDAR SHARING MENURUT PEMAHAMAN SAYA
1. KALAU MEMPERHATIKAN DIAGRAM TINGKAT ENERGI ENDOTERM SEHARUSNYA C ( PRODUK )- SESUAI PERSAMAAN REAKSINYA HARUS BERADA DI ATAS ( REAKSI KIMIA MENUJU KE PRODUK SEHINGGA BILA ARAH PANAH KE ATAS MAKA PRODUK BERADA DI ATAS TETAPI BILA PRODUK ADA DI BAWAH BERARTI ARAH PANAH HARUS KEBAWAH.
2. PADA REAKSI EKSOTERM, BAGAIMANA SUHU SISTEM BISA > SUHU LINGKUNGAN ? BUKANKAH SUHU LINGKUNGAN > SUHU SISTEM KARENA KALOR DI PINDAHKAN DARI SISTEM KE LINGKUNGAN KARENANYA UMUMNYA KITA RASAKAN PANAS ( REAKSI EKSOTERM )
TERIMAKASIH

Anonim mengatakan...

pada reaksi eksoterm,bagaimana suhu lingkungan lebih besar daripada sistem? bagaimana dengan tabung gas elpiji apakah tabung tuh tergolong suhu lingkungan atau sistem?

Arina Dina Hanifa mengatakan...

luar biasa!

obat jerawat herbal mengatakan...

makasih ya an atikel dalam blog ini sangat inovatif dan banyak menandung wawasan2 baru.

Posting Komentar

 
WELCOME TO MY BLOG