Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 23 April 2009

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi

1. Konfigurasi Elektron
Ialah susunan elektron suatu atom berdasarkan kulit-kulit atom tersebut.
Setiap kulit atom dapat terisi elektron maksimum dengan rumus:

Gambar.12. Jumlah elektron maksimum tiap kulit dalam atom
Keterangan :
  • ∑ = jumlah maksimum elektron pada suatu kulit
  • n = nomor kulit


Keterangan gambar: Jumlah elektron maksimum tiap kulit dalam atom

Jumlah elektron maksimum dalam tiap-tiap kulit atom


Aturan-aturan dalam pengisian konfigurasi elektron:
1.Pengisian dimulai dari tingkat energi paling rendah ketingkat energi paling tinggi dari kulit K, L,M dan seterusnya
2.Jika jumlah elektron yang tersisa ≤ 8 di tempatkan pada kulit berikutnya
3.Jumlah maksimum elektron pada kulit terluar adalah 8

Contoh soal :
Tulislah konfigurasi elektron dari:

Jawab.
1. Jumlah elektron = 8
Konfigurasi elektron K= 2 L= 6
2.Jumlah elektron = 18
Konfigurasi elektron K= 2 L= 8 M= 8
3.Jumlah elektron = 38
Konfigurasi elektron K= 2 L=8 M= 18 N=8 O=2

2. Elektron Valensi
Elektron valensi ialah jumlah elektron pada kulit terluar suatu atom netral. Cara
menentukan elektron valensi adalah dengan menuliskan konfigurasi elektron.
Contoh soal:
Tulislah konfigurasi elektron dan elektron valensi dari atom-atom berikut:


Jawab:
1. Nomor atom = 20, jumlah elektron=20
Konfigurasi elektron K=2 L=8 M=8 N=2
Elektron valensi =2
2. Nomor atom = 35
Konfigurasi elektron K=2 L=8 M=18 N=7
Elektron valensi =7

Tag :
Perkembangan Model Atom
Partikel Penyusun Atom
Isotop, Isobar dan Isoton
Nomer Massa dan Nomer Atom

27 komentar:

Kolong Mimpi mengatakan...

Nggak mengerti. Tolong jelaskan lebih lanjut ^^a tentang elektron valensi

Mr.storyta mengatakan...

udah agak sedikit mengerti, cuman bingung di elektron valensi Ca - 2,8,8,2udah agak sedikit mengerti, cuman bingung di elektron valensi Ca - 2,8,8,2

Anonim mengatakan...

BAGAIMANA ELEKTRON VALENSI ION, SEPERTI Ca2+ atau Sc3+

Anonim mengatakan...

susah

Anonim mengatakan...

berapa valensi k2cr2o7?

bagaimana menentukan valensinya pada rumus normalitas?

Anonim mengatakan...

makasih ya (:

Anonim mengatakan...

makasih banget ^__^

Azis Ramdhani mengatakan...

elektron valensi itu yang paling akhirkan, bukan jumlah dari konfigurasi elektron

Anonim mengatakan...

gak ngertii. . . . ,

Anonim mengatakan...

masih bingung cara menentukan elektron valensinya

iyo jie mengatakan...

makasih om........,:)

citra cahyaningrat mengatakan...

makasih nih atas blog yang di posting~
Sangat membantu saya dalam mengerjakan PR :D maju terus :D

yulia fujie mengatakan...

aduh ajarin donk binggung nie??????

Anonim mengatakan...

kyknyaa kurang lengkap tuh... buat tugas masih kurang,kalo dikit2 ntar nilainya juga dikit :(

elyn widya selasmitassa mengatakan...

gimana kalo HgCl2.?
yang tau koment ya...

Anonim mengatakan...

hahaha akhirnya ngerti sekarang ^_^ nice post

Anonim mengatakan...

elektron valensi tuh jumlah elektron pada sub kulit terluar suatu atom, jadi harus tau konfigurasi elektronnya dulu. misalnya sub kulit terakhir ada 5 elektron berarti elektron valensinya ya 5 :)

falah kharisma nuraziz mengatakan...

apakah jumlah elektron sama dengan nomor atom?
blz ya

Pian Tahir mengatakan...

klau jumlah elektron proton dari Ca itu brpa..?

obat mata herbal mengatakan...

postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

Muhammad rifqy faisal mengatakan...

[Tanya]
Elektron valensi K,L,M,dan N-nya angkanya gk boleh 1 atau juga 0 ya ?

Anonim mengatakan...

[tanya]
kalo orang yang bilang harus 2 8 8 2, bukan 2 8 10 itu siapa?


Terimakasih:)

Anonim mengatakan...

nanya lagi dong, kenapa kulit pertama itu namanya K bukan A atau yang lain?

yang tau tolong jawab ya...

Trimakasih(:

Arhy Septyan mengatakan...

Masih belum ngerti... :(

Chintya Asriyanti mengatakan...

makasihhh.... *-* ^^

sahrul sahbani mengatakan...

gan, gimana cara menentukan jumlah elektron valensi kalau pakai s,p,d,f gitu?

Riifa Armaiyners mengatakan...

gimana cara menentuka banyak elektron yg trdpt pada kulit terluar kulit atom??

Poskan Komentar

 
WELCOME TO MY BLOG