Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 09 November 2009

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

A. Perbedaan Larutan Berdasarkan Daya Hantar Listrik
Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan terbagi menjadi 2 golongan yaitu larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
1. Larutan Elektrolit
Larutan yang dapat menghantarkan listrik karena mengalami proses ionisasi(terurai menjadi ion positif dan negatif). Ion-ion itu mengandung muatan listrik yang dapat menghantarkan listrik. Jika diuji dengan alat uji elektrolit menyebabkan lampu menyala terang atau redup dan timbul gelembung gas . Contoh: larutan garam dapur (NaCl), cuka dapur (CH3COOH) , air accu (H2SO4),garam magnesium (MgCl2).
Larutan Elektrolit kuat
Larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan kuat karena mengalami ionisasi sempurna. Jika diuji dengan alat uji elektrolit dapat memberikan nyala lampu terang dan timbul gelembung. Contoh :larutan HCl,H2SO4,NaCl,NaOH,KCl
Reaksi ionisasi yang terjadi : HCl → H+ + Cl-
H2SO4 → 2H+ + SO4-2
NaCl → Na+ + Cl-
NaOH → Na+ + OH-
Larutan Elektrolit Lemah
Larutan yang hanya mampu mengalami ionisasi sebagian sehingga dapat menghantarkan arus listrik dengan lemah.Jika diuji dengan alat uji elektrolit akan memberikan nyala lampu redup dan timbul gelembung gas atau hanya timbul gelembung gas saja.
Contoh larutan elektrolit lemah:CH3COOH , NH4OH ,HCN , dan Al(OH)3
CH3COOH → H+ + CH3COO-
NH4OH → NH4+ + OH-
HCN → H+ + CN-
Al(OH)3 → Al+3 + 3OH-
2. Larutan Non elektrolit
Larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik karena tidak terjadi proses ionisasi. Lampu tidak menyala dan tidak ada gelembung gas
Contoh: Larutan gula (C12H22O11),larutan urea (CO(NH2)2 , larutan alkohol C2H5OH (etanol)
larutan glukosa (C6H12O6)
B.Larutan Senyawa Ion dan Senyawa Kovalen
1) Senyawa Ion
Senyawa ion adalah senyawa yang mempunyai ikatan ion seperti NaCl,KCl dan NaOH.Dalam kondisi padat/kristal tidak dapat menghantarkan listrik(non elektrolit),karena ion-ion tidak bergerak.Dalam bentuk lelehan atau dilarutkan senyawa ion dapat menghantarkan listrik(elektrolit) karena ion-ion dapat bergerak bebas.
2).Senyawa Kovalen Polar
Senyawa kovalen terbagi menjadi senyawa kovalen non polar misalnya : F2, Cl2, Br2, I2, CH4 dan kovalen polar misalnya : HCl, HBr, HI, NH3.Dari hasil percobaan, hanya senyawa yang berikatan kovalen polarlah yang dapat menghantarkan arus listrik. Kalau kita perhatikan, bahwa HCl merupakan senyawa kovalen di atom bersifat polar, pasangan elektron ikatan tertarik ke atom Cl yang lebih elektro negatif dibanding dengan atom H. Sehingga pada HCl, atom H lebih positif dan atom Cl lebih negatif.

HCl → H+(aq) + Cl-(aq)
Jadi walaupun molekul HCl bukan senyawa ion, jika dilarutkan ke dalam air maka larutannya dapat menghantarkan arus listrik karena menghasilkan ion-ion yang bergerak bebas. HCl dalam keadaan murni berupa molekul-molekul tidak mengandung ion-ion, maka cairan HCl murni tidak dapat menghantarkan arus listrik

Perbedaan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen

Senyawa

Padatan/murni

Lelehan

Larutan

Ion

Non elektrolit

Elektrolit

Elektrolit

Kovalen

Non elektrolit

Elektrolit

Elektrolit

9 komentar:

Anonim mengatakan...

nice bro.. :D

Anonim mengatakan...

Lumayan ngebantu pr.. hehe..

Anonim mengatakan...

thanks bgt yaa. this web so help me to make my work about kimia :D

Anonim mengatakan...

thx

Anonim mengatakan...

broo.. gimana caranya nyambungin kabel penghubung ke elektroda ??
Thank's..

Anonim mengatakan...

khontol lu slh semua tai babi lu

Loca_chipu's blog mengatakan...

makasih banget! terbantu :))

Anonim mengatakan...

Maaf, hanya ingin berbagi saja. Tabel Perbedaan elektrolit senyawa ion dan senyawa kovalen yang dibuat sepertinya kurang tepat.
Senyawa kovalen dalam bentuk lelehan bersifat non elektrolit, dan perlu digarisbawahi bahwa senyawa kovalen yang dimaksud hanyalah senyawa kovalen polar.

obat jerawat herbal mengatakan...

postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

Poskan Komentar

 
WELCOME TO MY BLOG