Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 04 November 2009

Penerapan Reaksi Redoks

1. Reaksi Redoks pada Pengolahan Logam
Pada pemekatan biji logam dari batu karangbaik secara fisika maupun kimia kemudian di pekatkan menjadi bijih
Pekat . Bijih pekat tersebut direduksi dengan zat pereduksi yang paling tepat.
3C(S) + 4Al3+(l) + 6O-2(l) → 4Al (l) + 3CO2
................l_______________l
.....................reduksi
2.
Reaksi Redoks pada penyambungan Besi
Rel-rel dilas dengan proses termit . Campuran aluminium dan besi oksida disulut untuk untuk reaksi redoks dan panas yang dihasilkan dapat melumerkan permukaan rel.
Reaksi : 2Al(s) + Fe2O3(S) → 2Fe(s) + Al2O3(S)
3.
Reaksi Redoks pada Sel Aki
Pb(s) + PbO2(aq) +
2HSO4-2(aq) +2H+(aq) → 2PbSO4(S) + 2H2O(l)





4
.Reaksi redoks pada Baterai (sel Leclanche)



Zn (s) + 2NH4+(aq) + 2MnO2(S) → Zn2+(aq) + Mn2O3(s) + 2NH3(aq) + H2O(l)

5.
Reaksi Redoks Pada Pengolahan Air Limbah
a. Penerapan Konsep Elektrolit
Limbah yang mengandung logam berat (Hg+2, Pb+2, Cd+2, dan Ca 2+) direaksikan dengan elektrolit yang mengandung anion (SO4-2) yang dapat mengendapkan ion logam sehingga air limbah bebas dari air limbah
Pb+2(aq )+ SO4-2 (aq) → PbSO4(S)
b. Pengolahan Limbah dengan Lumpur Aktif
Lumpur aktif mengandung bakteri-bakteri aerob yang berfungsi sebagai oksidator bahan organik tanpa menggunakan oksigen terlarut dalam air sehingga harga BOD dapat dikurangi. Zat-zat organik dioksidasi menjadi CO2,H2O, NH4+ dan sel biomassa baru. Proses lumpur aktif berlangsung di tangki aerasi. Dikolam tersebut berlangsung proses oksidasi limbah organik (karbohidrat, protein, minyak). Hasil oksidasi senyawa-senyawa organic adalah CO2, H2O,sulfat, nitrat, dan fosfat. Oksigen yang diperoleh untuk olsidasi diperoleh dari proses fotosintesa alga yang hidup ditangki aerasi


Tag:
Konsep Oksidasi Reduksi
Penentuan Bilangan Oksidasi
Reduktor dan Oksidator
Tata Nama Senyawa Redoks
Penerapan Reaksi Redoks

18 komentar:

Anti Dugem mengatakan...

Trmksih, aku copy utk tugas kimia

Anonim mengatakan...

makasi,,,aku copy buat mengumpulkan tugas kimia saya..

muhamad ikbal supardi mengatakan...

terima kasi, saya juga kopi untuk tugas kimia

Kumo mengatakan...

makasih bgt. Kopi buat tugas kimia ya..

Anonim mengatakan...

ea tanks jj ea kak, saya jj mau copy

dhama mengatakan...

mkasih ea KAK,,maaf tak copy... bwt ngerjaen tgas kimia Q.. Dhama

faizul mengatakan...

mkasi eaa......
Qu ge sangat butuh ne, tuk tugas kimia.....
Quu Copy bole ea
:)

Anonim mengatakan...

makasihhh...yyya....
aqhu mintda wat tugas kimiaa... :D

Anonim mengatakan...

makasih banyak !!! sipp yang buat

Anonim mengatakan...

Alhamdulillaaaaah,... terima kasih info nya,. saya kopi dulu ya Mbak Wijayanti,. skali lagi trima kasih,. By: Edho:D

bela mengatakan...

buat anak 38 kelas x jangan ada yang copy lagi ya soalnya udah gue ambil.

Anonim mengatakan...

mksih y kk,, atas infrmasi ny..
saya copy dlu y kk, untk tgas sklh

angkasa5 mengatakan...

terimakasih sob buat ilmu nya,, ijin di copy dulu buat tugas sekolah

rifqi parawhore007 mengatakan...

terimakasih, saya ijin copy

Anonim mengatakan...

trimakasih kaka, saya ijin copas :)

dunia yuann mengatakan...

terima kasih
saya izin copas buat tugas kimia ^^

Anonim mengatakan...

yah semua komennya rata2 copas,, malu2in aja, bisanya copas.. kalo boleh tanya. bisa jelasin gak reaksi redoks ppada proses minyak goreng menjadi tengik???

obat jerawat herbal mengatakan...

postingan blog ini sesuai dengan isi yang di sajikan nya. aku baru menemukan informasi yang semenarik dalam blog ini. terima kasih ya gan informasinya.

Poskan Komentar

 
WELCOME TO MY BLOG